Senin, 23 November 2009

Produk sampo meningkat karena iklan

jakarta-bagi produk konsumer seperti sampo,dengan melakukan strategis promosi seperti iklan.
seorang pemilik biro iklan PT triwira pernah mengatakan bahwa sebuah perusahaan sampo telah menuai rejeki yag sangat besar setelah produk-produknya diiklankan di media cetak dan elektronik.
dan peningkatan penjuaalannya sangat signifikan dibandingkan denganhanya mengandalkan promosi tradisional.
pentingnya melakukan promosi melalui media baik di televisi,radio maupun surat kabar sangatdirasakan misalnya oleh PT gondo wangi sariaji,sebuah perusahaan yang memproduksi yang mendistribusikan produk sampo natur.
"saya rasa pengaruh iklan terhadap penjualan cukup besar sebab melalui iklan yang ditayangkan dimedia cetak maupun elektronik akan menjelaskan keunggulan produk-produk yang kami tawarkan kepada konsumen,"kata Andi Haryadi,direktur marketing PT gondo wangi sariaji.

iklan merupakan alat komunikasi anatara perusahaan dengan konsumen.
konsumen perlu mengetahui apa saja keunggulan sampo natur yang antara lain dapat mencegah kerontokan rambut.
menurut andi.ia juga ingin juga menyampaikan pesan kepada konsumen bahwa produk sampo natur dapat menyuburkan rambut.
Andi punya pengalaman menarik ketika ia pertama kali harus meluncurkan produk ini beberapa tahun lalu,sebelum perusahaan melakukan promosi secara efektif,nama produk samponya adalah Gondo wangi.
nama ini dirasakan andi dan keluarganya seperti kurang trendi.
dan menurut andi cukup efektif sampo natur kini menjadi salah satu produk sampo yang paling banyak dibeli konsumen.
Sekitar 35 persen,sementara sampo panteine diposisi kedua dengan porsi sekitar 20 persen.sedangkan ditempat ketiga ditempeti oleh sunsilk dengan porsi 18 persen.natur diperkiraka berada di no.5 dengan porsi 5 persen.
Menurut RTS masli,ketua perhimpunan perusahaan periklanan indonesia,sampo clear dan sejumlah merek sampo lain memang berhasil merebut [angsa pasar antara lain karena iklan-iklan yang mereka tayangkan dimedia elektronik,terutama televisi.
Walaupun belum ada riset yang rici tentang hubungan iklan sampo dan keputusan konsumen memilih produk tersebut setelah melihat tayangan iklannya,tapi masli masih menduga konsumen memilih sampo berdasarkan apa yang mereka ingat,semakin sering suatu produk ditayangkan,semakin besar kemungkinan produk itu melekat dalam benak konsumen.

clear iklan kreatif
Direktur utama biro iklan lowe yang mengelola iklan clear mengatakan bahwa iklan bukanlah satu-satunya alasan atas terjadinya peningkatan terhadap penjualan produk."memang iklan adalah salah satukomponennya,tetapi jaringan distribusi dan strategi pemasaran,serta kualitas produk yang di iklankan juga harus mendukung.

Iklan clear ini cukup menarik,iklan yang sama juga yang cukup dikenal adalah kata-kata"HITAM SIAPA TAKUT"ini telah menjadi istilah ditengah masyarakat.
bahkan ada salah satu parati islam yang memakai kata-kata ini dispanduk yang mereka pasang disuatu jalan utama jakarta yang isinya seperti ini"syariat islam siapa takut"
kuatnya kreatifitas yang dipasang lowe telah membuat dan menciptakan daya ingat yang sangat besar ditengah masyarakat.
itulah sebabnyasampo clear sangat populer dan penjualan produk-produnya dipasar sagat sukses.
Untuk meningkatkan penjualannya sampo natur juga memutuskan untuk menaikkan biaya promosi iklannya,tahun ini andi mengangarkan 10 m untuk promosi dimedia cetak dan televisi.

menurut andi dampak promosi antara lain terlihat sejak 1998,angka penjualan produk berhasil mencapai 12m.
angka penjualan terus meningkat menjadi 24m pada 1999,jumlah penjualan meningkat lagi menjadi 45m pada th.2000 yang lalu.
dan pada tahun 2001 turun sedikit menjadi 40m.
"namun kami optimis kalau tahun ini angka penjualan produk kami akan meningkat lagi,"kata andi haryadi.
andi memperkirakan konsumennya akan meningkat karena pengetahuan konsumen melalui iklan yang efektif juga meningkat.
"mereka semakin mengerti mana sampo yang baik untuk rambut mereka,"kata andi.keunggulan sampo natur terletak pada khasiatnya untuk menyuburkan rambut,andi menjelaskan bahwa dipasar shampo ada beberapa jenis,tergantung konsumen mau memilah apa.
umumnya banyak yang memilih shampo untuk menghilangkan ketombe,ada juga yang memilih untuk menghitamkan rambut.
(audrey g tangkudung)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar